Apakah Energi Itu?


Apa Energi Itu?

Energi berasal dari bahasa Yunani yaitu "En" yang berarti dalam/di dalam dan "Ergon" yang berarti kerja. Energi adalah jumlah gaya atau daya yang jika diterapkan dapat memindahkan satu obyek dari satu posisi ke posisi lain atau Energy didefinisikan sebagai kapasitas sistem untuk melakukan kerja. 

Energi dapat memiliki banyak bentuk: kinetik, potensial, cahaya, suara, gravitasi, elastis, elektromagnetik atau nuklir. Menurut hukum kekekalan energi, bentuk energi dapat diubah menjadi bentuk lain dan total energi akan tetap sama. Sebagai contoh : seorang buruh ketika mendorong tumpukan tas, energi potensial yang tersimpan di dalam dirinya diubah menjadi energi kinetik dari gerakan materi atau ketika Anda membakar kayu, itu energi kimia diubah menjadi energi panas atau ketika Anda mengisi Anda ponsel, energi listrik diubah menjadi energi kimia yang akan disimpan di dalam molekul baterai.

(htttp://colourbox.com)


Jenis Sumber Energi?

Energi secara luas diklasifikasikan menjadi dua kelompok utama: Energi Terbarukan dan Energi Tidak Non-terbarukan.

Energi terbarukan. 

Energi terbarukan adalah energi yang dihasilkan dari sumber alami yaitu matahari, angin, hujan, pasang surut dan dapat dihasilkan lagi dan lagi jika diperlukan. Mereka tersedia di banyak dan sejauh paling sumber terbersih dari energi yang tersedia di planet ini. Untuk misalnya: energi yang kita terima dari matahari dapat digunakan untuk menghasilkan listrik. Demikian pula, energi dari angin, panas bumi, biomassa dari tanaman, pasang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi sehari-hari kita.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan sumber energi terbarukan: -

Kelebihan sumber energi terbarukan

  • Matahari, angin, panas bumi, energi laut yang tersedia dalam jumlah melimpah dan bebas untuk digunakan.
  • Sumber non-energi terbarukan yang kita gunakan adalah terbatas.
  • Sumber terbarukan memiliki emisi karbon yang rendah, oleh karena itu mereka dianggap sebagai energi hijau dan ramah lingkungan.
  • Energi terbarukan membantu dalam merangsang ekonomi dan menciptakan kesempatan kerja. Dana digunakan untuk membangun pembangkit ini dapat memberikan pekerjaan kepada ribuan hingga jutaan orang.
  • Anda tidak harus bergantung pada negara ketiga untuk penyediaan sumber terbarukan seperti dalam kasus sumber-sumber energi tidak terbarukan.
  • Biaya sumber energi terbarukan dapat dapat lebih rendah daripada pasokan listrik lokal. Dalam jangka panjang, harga listrik diperkirakan melambung karena mereka didasarkan pada harga minyak mentah, sehingga sumber terbarukan dapat memotong tagihan listrik Anda.
  • Berbagai insentif pajak berupa keringanan pajak, pemotongan kredit yang tersedia untuk individu dan bisnis yang terkait energi hijau.

Kekurangan sumber energi terbarukan
  • Tidak mudah mendirikan pembangkit dari sumber energi terbarukan dikarenakan biaya awal yang cukup tinggi.
  • Energi surya dapat digunakan pada siang hari dan tidak pada malam atau musim hujan.
  • Energi panas bumi yang dapat digunakan untuk menghasilkan listrik memiliki efek samping juga. Hal ini dapat membawa bahan kimia beracun di bawah permukaan bumi ke atas dan dapat membuat perubahan lingkungan.
  • PLTA memberikan bentuk murni energi tetapi bangunan bendungan di sungai yang cukup mahal dapat mempengaruhi aliran alami dan mempengaruhi satwa liar.
  • Untuk menggunakan energi angin, Anda harus bergantung pada angin kencang karena itu Anda harus memilih situs yang cocok untuk mengoperasikannya. Juga, mereka dapat mempengaruhi populasi burung.

Energi Tidak Terbarukan

Energi tidak terbarukan adalah energi yang diambil dari sumber-sumber yang tersedia di bumi dalam jumlah terbatas dan akan lenyap 50-60 tahun dari sekarang. Sumber-sumber energi tidak terbarukan tidak ramah lingkungan dan dapat memiliki serius mempengaruhi kesehatan kita. Disebut energi tidak terbarukan karena tidak dapat kembali dihasilkan-dalam kurun waktu singkat. Sumber-sumber energi tidak terbarukan ada dalam bentuk bahan bakar fosil, gas alam, minyak dan batubara.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan sumber-sumber energi tidak terbarukan

Kelebihan Energi Tidak Terbarukan



  • Sumber-sumber energi tidak terbarukan murah dan mudah digunakan. Anda dapat dengan mudah mengisi tangki mobil Anda dan daya kendaraan motor Anda.
  • Anda dapat menggunakan sejumlah kecil energi nuklir untuk menghasilkan sejumlah besar kekuasaan.
  • Sumber energi tidak terbarukan memiliki sedikit atau tidak ada kompetisi sama sekali. Untuk misalnya: jika Anda sedang mengendarai mobil didorong baterai baterai Anda akan habis maka Anda tidak akan dapat diisi di tengah jika jalan agak mudah untuk menemukan stasiun pompa bensin.
  • Dianggap lebih murah ketika mengkonversi dari satu jenis energi yang lain.


Kekurangan Energi Tidak Terbarukan



  • Sumber-sumber tidak terbarukan akan segera berakhir dan dan kita harus bersiap ketika sumber energi terancam..
  • Kecepatan penggunaan sumber energi tidak terbarukandapat memiliki perubahan lingkungan yang serius.
  • Sumber-sumber non-terbarukan melepaskan gas beracun di udara ketika dibakar yang merupakan penyebab utama pemanasan global.
  • Karena sumber-sumber ini akan segera kedaluwarsa, harga sumber-sumber ini melonjak dari hari ke hari.

Sumber:
http://www.conserve-energy-future.com/

Share on Google Plus

About Redaksi

Satu Blog Untuk Energi, Berisi Artikel, Data, Tips, Skema, Gambar, Makalah di Bidang Energi . Artikel yang ditayangkan terdiri dari Teori Dasar, Penemuan, Aplikasi Ilmu, Kebijakan Pemerintah, Layanan Perusahaan Energi, Tips-tips mudah sebagai konsumen, Isu Tekini di bidang Energi, Pengetahuan Praktis, Skema Dasar dan Makalah di bidang Energi seperti Kelistrikan, PLN, dan Sumber energi Primer (Air, Angin, Laut, Panas Bumi, Nuklir, Batubara, Minyak, Gas).

0 comments:

Post a Comment