Tanya Jawab : Kehilangan Struk Token Listrik PLN Sebelum Di Masukkan ke Meter Listrik



Tanya :

Saya pelanggan prabayar (pulsa) PLN. Sebelum kehabisan stroom, saya membeli pulsa listrik melalui ATM. Namun saat saya mau menginput datanya, saya kehilangan struk. Bagaimana caranya saya bisa menginput agar tidak mengalami kerugian. Bagaimana caranya saya mengetahui nomor token listrik yang hilang?


Jawab

Nomor token listrik sebanyak 20 digit angka diberikan dan dicantumkan dalam struk pembelian pada saat bertransaksi melalui ATM maupun melalui Pos atau PPOB. Namun seringkali secara tak sengaja nomor token tersebut hilang.

Untuk dapat mengecek nomor token/pulsa listrik yang hilang. Anda dapat mengecek histori pembelian listrik prabayar dan melihat kode token yang anda beli dengan cara sebagai berikut:

1. Buka www.pln.co.id
2. Klik Pelanggan
3. Klik Riwayat Prepadi Pelanggan
4. Masukkan nomor meter atau IDPEL
5. Klik Cari



6. Klik Token untuk melihat 20 digit token yang telah anda beli
7. Masukkan angka token tersebut ke meter prabayar

Demikianlah petunjuk mendapatkan nomor token yang hilang. Jadi jangan khawatir, meskipun nomor token listrik hilang, tetap dapat diinput dan digunakan dengan melakukan pengecekan di website PLN.

Selain untuk kegunaan tersebut, diskon TMP juga bisa dicek pada bagian Transaksi kWh Non Tunai seperti ditunjukkan oleh gambar. 

Jadi jangan khawatir jika struk pembelian anda hilang, anda tetap dapat melakukan input data token maupun data diskon TMP dengan mengecek pada web PLN.




Share on Google Plus

About Redaksi

Satu Blog Untuk Energi, Berisi Artikel, Data, Tips, Skema, Gambar, Makalah di Bidang Energi . Artikel yang ditayangkan terdiri dari Teori Dasar, Penemuan, Aplikasi Ilmu, Kebijakan Pemerintah, Layanan Perusahaan Energi, Tips-tips mudah sebagai konsumen, Isu Tekini di bidang Energi, Pengetahuan Praktis, Skema Dasar dan Makalah di bidang Energi seperti Kelistrikan, PLN, dan Sumber energi Primer (Air, Angin, Laut, Panas Bumi, Nuklir, Batubara, Minyak, Gas).

6 comments:

  1. Gan, sy udah buka web nya pln.co.id trus klik pelanggan tapi ko nda muncul ya tulisan riwayat prepadi itu,gimana ya?

    ReplyDelete
  2. iya sama bu riska bayu saya juga begitu mungkin ada yang salah ataw situs nya sedang ganguan

    ReplyDelete
  3. sudah klik tapi tidak akses server?

    ReplyDelete
  4. kaga ada riwayat prepaid pelanggan babiii , yg bener lu kalo ngasih info nyet

    ReplyDelete