Tanya Jawab Ganti Rugi dan Kompensasi Mati Listrik PLN





1. Tanya :

Saya konsumen PLN yang mengalami mati listrik sebanyak 3 kali setiap hari, akibat dari hal tersebut, saya mengalami kerugian secara materil, apakah ada ganti rugi dari PLN?

1. Jawab :

Aturan ganti rugi, yang sifatnya didasarkan pada kerugian materi yang diderita oleh konsumen belum ada aturannya dalam peraturan perundang-undangan. Sebaiknya anda mengecek surat perjanjian jual beli tenaga listrik antara anda sebagai konsumen dengan PLN. Jika dalam klausul SPJBTL ini disebutkan adanya ganti rugi dari PLN maka seharusnya pelanggan listrik mendapatkan.

Namun ada yang disebut dengan kompensasi, atau pengurangan tagihan listrik akibat tidak terpenuhinya Tingkat Mutu Pelayanan (TMP) yang telah dijanjikan oleh PLN. Dua indikator dari TMP yang terkait dengan pemadaman listrik adalah Lama Gangguan dan Jumlah Gangguan. Dua indikator ini menjadi tolok ukur yang digunakan untuk memberikan kompensasi kepada pelanggan atau tidak. 

Setiap triwulan, unit PLN setingkat rayon diwajibkan untuk mengumumkan nilai Lama Gangguan dan Jumlah Gannguan maksimal yang dia janjikan akan dialami oleh seorang pelanggan setiap bulannya. Pengumuman ini haruslah pada tempat-tempat yang mudah diketahui oleh publik. Saat ini pengumuman tersebut dipajang di tiap-tiap kantor unit PLN. Sebagai contoh PLN Rayon Kota mendeklarasikan bahwa pada bulan Agustus 2015 nilai Lama Gangguan maksimal yang dirasakan pelanggan adalah 10 jam (secara akumulasi untuk satu pelanggan) dan Jumlah Gangguan adalah 5 kali setiap bulan (secara akumulasi untuk satu pelanggan), maka jika seorang pelanggan merasakan bahwa dia mati listrik selama 12 jam, maka dia berhak mendapatkan kompensasi 20% dari biaya beban atau rekening minimum bulanannya. Aturannya adalah jika pelanggan merasakan lebih dari 10% dari yang dijanjika oleh PLN (dalam hal ini janji PLN adalah 10jam, artinya mendapatkan kompensasi jika lebih dari 11 jam). Hal yang sama juga terjadi pada pelanggan yang merasakan padam listrik lebih dari 10% yang dijanjikan oleh PLN, juga berhak mendapatkan kompensasi. 

Jadi sebaiknya anda menanyakan kepada PLN setempat, berapa deklarasi lama padam listrik yang dia janjikan setiap bulannya, jika melebihi yang dijanjikan dan ternyata PLN tidak memberi kompensasi, anda berhak untuk meminta.

***

2. Tanya :

Bagaimana jika lama padam listrik terlewati, juga jumlah kali padam listrik terlewati apakah mendapatkan kompensasi dua kali

2. Jawab :

Tidak, anda hanya akan mendapatkan satu kompensasi dalam satu bulan, meskipun indikator pinalti yang terlewati ada dua.

***

3. Tanya :

Bagaimana dengan pemadaman bergilir yang terencana, apakah pelanggan juga mendapatkan kompensasi

Jawab :

PLN dibebaskan dari kewajiban memberikan kompensasi jika pemadamannya terencana dan di beritahukan 1x24 jam sebelumnya kepada konsumen. PLN juga dibebaskan dari kewajiban jika terjadi sebab force majeure atau sebab kahar.


Share on Google Plus

About Redaksi

Satu Blog Untuk Energi, Berisi Artikel, Data, Tips, Skema, Gambar, Makalah di Bidang Energi . Artikel yang ditayangkan terdiri dari Teori Dasar, Penemuan, Aplikasi Ilmu, Kebijakan Pemerintah, Layanan Perusahaan Energi, Tips-tips mudah sebagai konsumen, Isu Tekini di bidang Energi, Pengetahuan Praktis, Skema Dasar dan Makalah di bidang Energi seperti Kelistrikan, PLN, dan Sumber energi Primer (Air, Angin, Laut, Panas Bumi, Nuklir, Batubara, Minyak, Gas).

0 comments:

Post a Comment