Kategori Penyebab Gangguan Listrik


Berbagai macam hal dapat menjadi penyebab terjadinya gangguan yang menghambat suplai tenaga listrik. Sesuai IEEE Std 1782TM-2014 terdapat 10 (sepuluh) kategori penyebab umum gangguan yang dapat menjadi rekomendasi sebagai tolok ukur studi. Ada banyak kategori yang bisa dipilih, namun dengan tujuan keseragaman untuk tujuan perbandingan, maka 10 (sepuluh) kategori dipilih, antara lain sebagai berikut:
a.  
Peralatan
b.   Petir
c.   Terencana
d.   Power supply
e.   Masyarakat
f.    Tanaman
g.   Cuaca (selain petir)
h.   Satwa Liar
i.     Unknown
j.     Lainnya
Penjelaskan mengenai jenis-jenis gangguan yang harus dimasukkan ke dalam masing-masing kategori adalah sebagai berikut:
a.    Peralatan
Setiap bagian dari peralatan sistem distribusi yang rusak atau gagal dan penyebab gangguan kepada pelanggan harus dimasukkan ke dalam kategori peralatan. Beberapa contoh jenis peralatan termasuk kontrol, konduktor, transisi terisolasi, mengganggu perangkat, arrester, struktur dan mendukung, switch, dan transformer.
b.    Petir
Petir Kategori mencakup semua gangguan yang disebabkan oleh petir. Ini mungkin oleh terkena stroke langsung menghubungi kabel atau sepotong peralatan, atau oleh petir yang diinduksi flashover dari kabel atau bagian lain dari peralatan.
c.    Terencana
Kategori direncanakan termasuk, namun tidak terbatas pada: konstruksi jalan, pemeliharaan dan perbaikan, swap beban, peralatan menggantikan, dan rumah bergerak. Gangguan Biasanya, direncanakan adalah mereka interupsi yang dapat ditunda oleh personil utilitas dan dilakukan hanya setelah pemberitahuan pelanggan sesuai atau diperlukan. Aturan sering, komisi regulasi telah ditentukan menggambarkan gangguan yang direncanakan.
d.    Power Supply
Daya kategori power supply termasuk gangguan yang disebabkan oleh kegagalan dalam sistem transmisi termasuk bagian transmisi gardu atau hilangnya pembangkit sebuah Unit termasuk yang berhubungan dengan generasi didistribusikan. Ini tidak termasuk padam karena hilangnya komponen gardu distribusi.
e.    Masyarakat
Setiap gangguan yang dihasilkan sebagai tindakan masyarakat luas harus dimasukkan ke public kategori. Contohnya antara lain: masalah pelanggan, karyawan non-utilitas atau kontraktor menggali-in, Permintaan api / polisi, kontak asing (seperti balon Mylar, crane boom, dan tangga aluminium), kecelakaan lalu lintas, pengrusakan, dan kebakaran dan ledakan tidak berasal pada atau di dalam-utilitas milik peralatan.
f.     Tanaman
Kategori tanaman meliputi gangguan yang disebabkan oleh pohon jatuh atau anggota badan,pertumbuhan pohon, tanaman merambat, dan akar. Perlu ditekankan bahwa jika pohon yang terlibat, penyebabnya Kategori adalah tanaman. Hal ini penting untuk dicatat selama badai angin. Mungkin tidak mungkin untuk menentukan bahwa pencatu mungkin memiliki masalah hutan jika angin terdaftar sebagai penyebabnya ketika sebenarnya Pohon itu terlibat.
g.    Cuaca
Kategori cuaca harus mencakup gangguan karena langsung ke cuaca yang peristiwa termasuk: angin, salju, es, hujan es, dan hujan di mana cuaca itu sendiri menyebabkan interupsi dan melampaui batas desain sistem. Angin tidak termasuk menampar atau berderap konduktor; mereka akan pergi di bawah kategori peralatan. Es terbentuk di konduktor dan merobek mereka turun atau banjir fasilitas listrik akan dimasukkan dalam kategori cuaca.
Catatan: Jika ada bagian dari pohon yang terlibat, itu akan pergi di bawah kategori tanaman.
h.    Satwa liar
Ini termasuk mamalia, burung, reptil, dan serangga, atau anggota non-manusia lainnya dari kerajaan hewan. Satwa yang bisa menyebabkan gangguan secara langsung melalui kontak, seperti ular, tikus, semut, musang, tupai, atau burung; atau tidak langsung, seperti sarang burung dan kotoran.
i.      Tidak diketahui
Kategori tidak diketahui termasuk interupsi pelanggan di mana penyebab yang pasti tidak dapat ditentukan setelah penyelidikan. Tingkat penyidikan diperlukan ditentukan oleh utilitas individu.
j.      Lainnya

Setiap gangguan kepada pelanggan yang tidak jatuh ke dalam salah satu kategori lain penyebab harus diserahkan kepada kategori lainnya. Beberapa contoh termasuk: kesalahan dalam konstruksi, pemeliharaan, operasi, atau melindungi; kelebihan; dan kontaminasi

Share on Google Plus

About Redaksi

Satu Blog Untuk Energi, Berisi Artikel, Data, Tips, Skema, Gambar, Makalah di Bidang Energi . Artikel yang ditayangkan terdiri dari Teori Dasar, Penemuan, Aplikasi Ilmu, Kebijakan Pemerintah, Layanan Perusahaan Energi, Tips-tips mudah sebagai konsumen, Isu Tekini di bidang Energi, Pengetahuan Praktis, Skema Dasar dan Makalah di bidang Energi seperti Kelistrikan, PLN, dan Sumber energi Primer (Air, Angin, Laut, Panas Bumi, Nuklir, Batubara, Minyak, Gas).

0 comments:

Post a Comment