Arus Pengenal dan Jenis Gawai Proteksi Sesuai PUIL 2011


Arus pengenal dan jenis gawai proteksi    

Gawai proteksi harus dipilih dengan memperhitungkan :
a)    Jenis sistem
b)    Jenis gawai 
c)    Arus pengenal gawai.


Jenis gawai proteksi  

Gawai proteksi harus disediakan agar secara otomatis memisahkan konduktor aktif dari sirkit dalam peristiwa :
a)  arus beban lebih
b)  arus hubung pendek atau
c)  arus bocor ke bumi.    

Gawai-gawai ini harus disusun untuk memutuskan sirkit sebelum suatu kerusakan yang disebabkan oleh pengaruh termal atau elektromagnetik yang disebabkan karena arus lebih atau arus bocor ke bumi mencapai nilai yang ditentukan.

Proteksi ini dapat dicapai dengan pemilihan suatu gawai tunggal atau suatu gabungan dari gawai-gawai terpisah yang memberikan proteksi terhadap beban lebih, hubung pendek dan arus bocor ke bumi.       

1. Gawai untuk proteksi terhadap arus beban lebih dan arus hubung pendek harus sanggup memutuskan setiap arus lebih sampai dengan arus hubung pendek prospektif pada titik tempat gawai proteksi dipasang.

Gawai harus dari jenis berikut:
a)  Sekering tertutup yang memenuhi standar.
b)  Pemutus sirkit mini (MCB) yang memenuhi standar.
c)  Pemutus sirkit dalam kotak tercetak yang memenuhi standar.
d)  Pemutus sirkit yang memenuhi standar.
e)  Gawai lain yang diizinkan yang mempunyai karakteristik yang sama dengan gawai di atas, asalkan tidak dari jenis yang dapat menutup kembali secara otomatis.

2. Gawai proteksi khusus terhadap arus lebih harus mampu memutus setiap arus beban lebih, tetapi dapat mempunyai kemampuan memutus lebih rendah dari pada arus hubung pendek prospektif. Gawai ini harus dari jenis sebagai berikut:
a)  gawai proteksi waktu invers.
b)  gawai lain yang diizinkan yang mempunyai karakteristik proteksi arus beban lebih yang sesuai.    

3. Gawai proteksi khusus terhadap arus hubung pendek harus mampu memutus setiap arus hubung pendek sampai dengan arus hubung pendek prospektif, tetapi tidak perlu mampu memutus arus beban lebih.

4. Gawai tersebut harus dari jenis berikut: 
a)    sekering HRC untuk proteksi cadangan motor;
b)    pemutus sirkit yang membuka seketika;
c) gawai yang diizinkan lainnya, yang mempunyai karakteristik proteksi hubung pendek yang sesuai.                       

Gawai tersebut harus dipasang hanya jika proteksi beban lebih disediakan dengan gawai yang memenuhi ketentuan 1  atau 4 atau jika proteksi beban lebih tidak disyaratkan.    

Gawai proteksi terhadap arus bocor bumi harus mampu memutus bagian sirkit yang tepat yang dialiri arus bocor bumi di atas nilai yang ditentukan.  
Share on Google Plus

About Redaksi

Satu Blog Untuk Energi, Berisi Artikel, Data, Tips, Skema, Gambar, Makalah di Bidang Energi . Artikel yang ditayangkan terdiri dari Teori Dasar, Penemuan, Aplikasi Ilmu, Kebijakan Pemerintah, Layanan Perusahaan Energi, Tips-tips mudah sebagai konsumen, Isu Tekini di bidang Energi, Pengetahuan Praktis, Skema Dasar dan Makalah di bidang Energi seperti Kelistrikan, PLN, dan Sumber energi Primer (Air, Angin, Laut, Panas Bumi, Nuklir, Batubara, Minyak, Gas).

0 comments:

Post a Comment