10 PLTU Batubara Terbesar Di Dunia


Pembangkit Listrik Tenaga Uap berbahan bakar batubara merupakan salah satu jenis pembangkit yang terbanyak didunia. Kapasitas PLTU bervariasi di seluruh dunia. Berikut daftar PLTU dengan kapasitas terbesar di dunia.

1. PLTU Taichung (Taiwan)

PLTU Taichung terletak di Longjing, Taichung, Taiwan. Kapasitas pembangkitannya 5.500 MW yang merupakan pembangkit listrik tenaga uap terbesar di dunia, yang juga merupakan pembangkit listrik (dari seluruh jenis pembangkit listrik) dengan emisi karbondioxida terbesar di dunia, sekitar 40 juta ton per tahun.

PLTU ini terdiri atas 10 unit pembangkitan yang masing-masing berkapasitas 550 MW. Empat unit pertama dikomisioning pada tahun 1991 dan 1992. Pada tahun 1996 s.d 1997, empat unit baru ditambahkan. 2 unit selanjutnya dipasang pada tahun 2005 dan 2006. Ada rencana untuk menambah kapasitas berupa dua buah unit berkapasitas 800 MW pada tahun 2016.



Selain 10 turbin uap batubara, PLTU Taichung juga memiliki empat gas turbin berkapasitas 280 MW dan 22 turbin uap yang berkapasitas 44 MW, sehingga total daya pembangkitannya adalah 5824 MW. Pembangki ini digunakan untuk memasok base load. Adapun listriknya dijual kepada Taipower dalam kontrak selama 25 tahun.

2. PLTU Belchatow (Polandia)

PLTU Belchatow berkapasitas 5.420 MW yang terletak Belchatow di Lodz Voivodeship, Polandia. PLTU ini merupakan PLTU terbesar di Eropa yang mampu memproduksi 27-28 TWh listrik pertahunatau sekitar 20%  dari total pembangkitan Polandia. PLTU dimiliki dan dioperasikan oleh PGE GIEK Oddział Elektrownia Bełchatów yang merupakan anak perusahaan Polska Grupa Energetyczna. 

3. PLTU Tuoketuo (China)

PLTU Tuoketuo berkapasitas 5400 MW terletak di daerah Inner Mongolia, China. PLTU ini dikomisioning pada bulan November 1995 dan dimiliki oleh Tuoketuo Power Company.

4. PLTU Guodian Beilun (China)

PLTU Guodian berkapasitas 5000 MW terletak di District Beilun, Ningbo, Zhwjiang, China. PLTU ini memiliki 5 unit 600 MW dan 2 unit 1000 MW.

5. PLTU Waigaoqiao (China)

PLTU Waigaoqiao berkapasitas 5000 MW terletak di Pudong, Shanghai China. PLTU ini mampu memproduksi hingga 11.4 TWh energi perbulan. PLTU PLTU Waigaoqiao dimiliki oleh China Power Investment.

6. PLTU Jiaxing (China)

PLTU Jiaxing berkapasitas 5000 MW terletak di Zhejiang, China.

7. PLTU Guohoa Taishian (China)

PLTU Taishian terletak di Taishan, Jiangmen, Guangdong, China. Kapasitasnya adalah 5.000 MW.

8. PLTU Yingkou (China)

PLTU Yingkou merupakan pembangki besar di China dengan kapasitas 4.840 MW. Bahan bakarnya adalah batubara.

9. PLTU Mundra (India)
PLTU Mundra berkapasitas 4.620 MW, merupakan PLTU terbesar di India terletak di Mundra,Gujarat, India. Batubara yang digunakan di PLTU ini berasal dari Indonesia.

10. PLTU Shengtou (China)
PLTU Shengtou berkapasitas 4.600 MW 

Share on Google Plus

About Redaksi

Satu Blog Untuk Energi, Berisi Artikel, Data, Tips, Skema, Gambar, Makalah di Bidang Energi . Artikel yang ditayangkan terdiri dari Teori Dasar, Penemuan, Aplikasi Ilmu, Kebijakan Pemerintah, Layanan Perusahaan Energi, Tips-tips mudah sebagai konsumen, Isu Tekini di bidang Energi, Pengetahuan Praktis, Skema Dasar dan Makalah di bidang Energi seperti Kelistrikan, PLN, dan Sumber energi Primer (Air, Angin, Laut, Panas Bumi, Nuklir, Batubara, Minyak, Gas).

0 comments:

Post a Comment