Pembangkit Listrik Tenaga Matahari



Ilustrasi pembangkitan listrik dari energi matahari (http://www.edfenergy.com)

Panel surya merubah sinar matahari langsung menjadi energi yang berguna yang dapat digunakan di rumah. Terdapat dua macam jenis panel surya : yang pertama adala Energi Panas Matahari dan Photo Voltaic atau PV. Panel yang menggunakan panas mathari menggunakan energi matahari untuk memanaskan air yang dapat digunakan untuk air panas atau pemanasan ruangan. Panel PV menggunakan efek photovoltaic untuk merubah energi matahari langsung menjadi listrik.


Panel PV terbuat dari material semikonduktor, biasanya bahan silikon, yang terletak antara dua kontak elektrikal. Untuk membangkitkan listrik sebanyak-banyaknya panel PV perlu untuk diarahkan sebanyak-banyaknya waktu mengarah ke sinar matahari (1a).
Lapisan gelas (1b) melindungi semikonduktor dari hujan, cuaca buruk dan hewan-hewan liar. Semicondutor juga di lapisi dengan substansi antireflektif (1c), yang memastikan bahwa penyerapan cahaya terjadi sehingga sinar matahari tidak menyebar ke arah yang tidak diinginkan.

Ketika sinar matahari mengenai panel dan diserap, menyebabkan elektron terlepas dan atom yang membentuk semikonduktor (1d). Semikondutor bermuatan positif pada satu bagian dan bermuatan negatif pada bagian lainnya, yang menyebabkan electron yang terlepas ini bergerak pada arah yang sama dan menhasilkan arus listrik. Kontak (1e dan 1f) menangkap arus ini (1g) dalam satu rangkaian listrik.

PV panel (2) menghasilkan listrik dalam arus searah (DC). Sebelum dapat digunakan dirumah maka harus dirubah menjadi arus bolak balik (AC) dengan menggunakan inverter (3). Arus yang telah dirubah ini mengalir dari inverter ke kotak fuse (4), dan dari sana arus dihantarkan ke peralatan yang memerlukan

Sistem PV dirumah dapat pula dilengkapi dengan meter box (5) yang mengukur seberapa besar energi listrik yang dibangkitkan oleh panel. Dibeberapa negara ada insentif untuk yang membangkitkan listrik dari energi terbarukan.

Sumber :

http://www.edfenergy.com



Share on Google Plus

About Redaksi

Satu Blog Untuk Energi, Berisi Artikel, Data, Tips, Skema, Gambar, Makalah di Bidang Energi . Artikel yang ditayangkan terdiri dari Teori Dasar, Penemuan, Aplikasi Ilmu, Kebijakan Pemerintah, Layanan Perusahaan Energi, Tips-tips mudah sebagai konsumen, Isu Tekini di bidang Energi, Pengetahuan Praktis, Skema Dasar dan Makalah di bidang Energi seperti Kelistrikan, PLN, dan Sumber energi Primer (Air, Angin, Laut, Panas Bumi, Nuklir, Batubara, Minyak, Gas).

0 comments:

Post a Comment