Kelebihan dan Kekurangan Listrik Prabayar PLN (Listrik Pintar)


Listrik Prabayar telah menjadi salah satu produk layanan PLN yang semakin banyak dan telah tersebar keseluruh Indonesia, tercatat sebanyak 20.29 juta pelanggan listrik prabayar diseluruh Indonesia yang 64.43% di Jawa Bali, 19,17% di Indonesia Timur dan 16.41% di Sumatera.

Pada sebagian wilayah PLN, PLN mewajibkan pelanggan untuk memasang listrik prabayar, namun ada juga masyarakat yang tidak mau beralih dari listrik pasca bayar yang menggunakan meter mekanik ke listrik prabayar  elektronik yang disebut oleh PLN sebagai Listrik Pintar. Karenanya sebagai konsumen anda perlu tahu kelebihan dan kekurangan dari Listrik yang kadang juga disebut oleh masyarakat sebagai listrik pulsa ini.

(listrikindonesia.com)


Berikut KELEBIHAN listrik prabayar:

1. Kendali Pemakaian

Dengan menggunakan meter prabayar elektronik, terdapat display yang menampilkan jumlah kWh meter yang masih tersisa sehingga jika dianggap penggunaan listrik telah terlampau banyak, pelangga PLN dapat melakukan penghematan pemakaian.

2. Penyesuaian Kondisi Keuangan

Pulsa listrik yang dijual oleh PLN, nilainya bervariasi, mulai dari Rp. 20.000 sampai dengan Rp. 1.000.000. Hal ini menjadikan konsumen lebih leluasa untuk membeli voucher sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan, sehingga konsumen dapat lebih terkontrol dalam penggunaan anggaran belanja.

3. Tidak ada biaya keterlambatan

Karena sifatnya yang dibayar dulu baru dipakai, otomatis anda tidak akan terkena biaya keterlambatan, karena anda tidak akan pernah ditagih.

4. Privasi

Dengan listrik pulsa, pelanggan PLN tidak perlu mendapatkan kunjungan bulanan dari pencatat meter yang harus dibukakan pintu untuk mencatat meter.

5. Cocok buat kontrakan atau kos-kosan

Jenis layanan listrik pulsa ini memberikan keuntungan bagi para juragan kos-kosan yang tidak perlu khawatir lagi penyewanya tidak membayar listrik yang menyebabkan listrik diputuskan. Selain itu, penggunaan listrik prabayar dapat menguntungkan ketika tidak ada penghuni, tidak perlu mengisi pulsa listrik.


Namun ada pula beberapa KEKURANGAN listrik token ini, yaitu:

1. Pulsa harus siap

Meter pulsa PLN ini tidak memberikan toleransi kalau pulsanya habis, anda harus mengisi lagi. Bisa saja anda sangat membutuhkan listrik, tiba-tiba saja listrik mati karena pulsanya habis. Namun demikian, ada bunyi alarm yang menunjukkan pulsa hampir habis pada meter ini.

2. Masalah saat akan membeli atau mengisi

Banyak kasus dimana saat akan membeli ternyata jaringan internet lagi down, maka anda harus menunggu, sementara listrik dirumah anda sudah mati. Ada beberapa kejadian juga pulsa menghilang tiba-tiba dari meteran. 

3. Meter Rusak atau Terlalu Sensitif

Ada banyak laporan meter prabayar ini rusak sehingga menyebabkan tidak dapat dilakukan pengisian atau tidak mampu beroperasi pada tegangan yang rendah, padahal banyak daerah di Indonesia yang tegangannya rendah.

Sumber : http://www.pln.co.id/?p=503


Share on Google Plus

About Redaksi

Satu Blog Untuk Energi, Berisi Artikel, Data, Tips, Skema, Gambar, Makalah di Bidang Energi . Artikel yang ditayangkan terdiri dari Teori Dasar, Penemuan, Aplikasi Ilmu, Kebijakan Pemerintah, Layanan Perusahaan Energi, Tips-tips mudah sebagai konsumen, Isu Tekini di bidang Energi, Pengetahuan Praktis, Skema Dasar dan Makalah di bidang Energi seperti Kelistrikan, PLN, dan Sumber energi Primer (Air, Angin, Laut, Panas Bumi, Nuklir, Batubara, Minyak, Gas).

3 comments:

  1. Parahnya kerusakan yg di akibatkan PLN sendiri harus ditanggung pelanggan dg biaya yg tiddak sedikit...

    ReplyDelete
  2. KECEWANYA KALO MAU ISI PULSA LISTRIK JARINGAN INTERNET LAGI ERROR DAN TIDAK BISA BELI PULSA LISTRIK, SEDANGKAN LISTRIK SUDAH TIDAK NYALA DAN MESTI MENUNGGU LAMA DAN WAKTUNYA MALAM HARI

    ReplyDelete