Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED


SatuEnergi.com - Lampu Light-emittingg diode (LED) merupakan salah satu jenis lampu yang mengalami perkembangan cukup pesat akhir-akhir ini.



LED telah digunakan untuk banyak keperluan selama bertahun-tahun. LED digunakan untuk lampu digital, lampu hiasan, senter, dan lampu sinyal. LED juga menjadi penanda adanya sms atau miscalled pada HP. Tapi tak banyak sebelumnya aplikasi LED untuk penerangan. Namun dengan semakin baiknya teknologi LED maka penggunaan lampu ini akan semakin menyaingi lampu CFL dimasa depan.

Seperti dioda normal, LED terdiri dari chip semikonduktor yang didoped untuk menghasilka p-n juction. Seperti diode pula, arus mengalir dengan mudah dari sisi p atau anoda ke sisi n, atau katoda, dan tidak ada aliran sebaliknya. Pada saat arus mengalir, elektro berpindah dari negatif ke positif. Perpindahan ini mengenerate energi yang melepaskan "photon" - unit dari cahaya.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari Lampu LED.

KELEBIHAN LAMPU LED

1. Lampu LED dapat memproduksi cahaya per watt lebih tinggi dibandingkan dengan lampu pijar. Hal ini berguna untuk menghemat baterai (misalnya senter) atau alat-alat penghemat energi.

2. Lampu LED dapat memancarkan cahaya dengan warna yang diinginkan tanpa perlu menggunakan filter seperti yang digunakan oleh lampu konvensional. Hal tersebut menjadi lebih efisien dalam hal biaya.

3. Dengan bentuknya yang solid maka lampu LED dapat didesign untuk memfokuskan cahayanya. Hal ini berbeda dengan lampu pijar maupun fluorescent yang membutuhkan reflektor untuk mengarahkan cahaya ke titik fokus.

4. Ketika diaplikasikan untuk lampu yang membutuhkan dim (cahaya dikurangi), lampu LED tidak berubah warna, hal ini berbeda dengan lampu pijar yang berubah menjadi kuning.

5. LED sangat ideal digunakan untuk aplikasii yang membutuhkan frekuensi ON-OFF yang sering, tidak seperti lampu pijar yang dapat aus lebih cepat atau lampu HID yang membutuhkan waktu starting yang lama.

6. Komponen LED sifatnya solid, sehingga relatif lebih sulit untuk mengalami kerusakan akibat gangguan eksternal. Lampu pijar maupun FL lebih mudah rusak akibat guncangan eksternal.

7. LED memiliki life time yang lama. Dilaporkan bisa mencapai 60.000 jam penggunaan. Jauh lebih lama dibandingkan lampu FL yang typically 30.000 jam, lampu HID dan MH biasanya 10.000 s.d 24.000 jam dan lampu pijar hanya 1.000 s.d 2.000 jam.

8. Lampu LED menyala sangat cepat, bahkan bisa dalam micro second.

9. Lampu LED tidak tidak mengandung mercuri yang berbahaya seperti lampu fluorescent.


KEKURANGAN LAMPU LED

1. Dilihat dari initial cost, lampu LED lebih mahal.

2. Performance dari lampu LED sangat tergangung dari temperatur sekitar dari lampu tersebut. Operasi lampu LED pada temperatur sekitar yang tinggi dapar menyebabkan lampu over heating. Hal ini menyebabkan lampu LED perlu heat-sinking, utamanya untuk pengguaan pada automotiv, outdoor, medikal dan militer dimana lampu harus dapat beroperasi pada range temperatur yang lebar.


Sumber :
http://www.continental-lighting.com/led-basics/advantages-disadvantages.php
http://www.ledsmagazine.com/articles/2005/01/benefits-and-drawbacks-of-leds.html
http://www.lumec.com/learning-center/led/advantages_and_disadvantages.html
http://mashable.com/2012/12/06/led-light-bulbs/
Share on Google Plus

About Redaksi

Satu Blog Untuk Energi, Berisi Artikel, Data, Tips, Skema, Gambar, Makalah di Bidang Energi . Artikel yang ditayangkan terdiri dari Teori Dasar, Penemuan, Aplikasi Ilmu, Kebijakan Pemerintah, Layanan Perusahaan Energi, Tips-tips mudah sebagai konsumen, Isu Tekini di bidang Energi, Pengetahuan Praktis, Skema Dasar dan Makalah di bidang Energi seperti Kelistrikan, PLN, dan Sumber energi Primer (Air, Angin, Laut, Panas Bumi, Nuklir, Batubara, Minyak, Gas).

0 comments:

Post a Comment