Cara Memilih Genset Yang Terbaik

SatuEnergi.com - Pemilihan generator yang baik sangat tergantung dari total beban yang akan disuplai oleh generator, lokasi dan kondisi instalasi listrik yang akan disupai oleh genset tersebut. Berikut ini beberapa pertimbangan untuk memilih genset yang terbaik :

via : indonetwork.co.id

1. Penggunaan utama atau cadangan

Genset yang digunakan harus disesuaikan dengan fungsinya, apakah sebagai genset back up atau sebagai genset utama. Instalasi listrik untuk penggunaan utama dan tidak ada sumber lainnya akan disuplai langsung ke instalasi tanpa melalui switch yang pilihan input.

Sementara itu penggunaan genset untuk keperluan cadangan akan menggunakan switch yang menghubungkan antara genset dengan isntalasi yang akan suplai. Harus pula tersedia pengaman yang memisahkan antara genset dengan sumber listrik utama untuk mencegah adanya aliran arus dari genset ke sistem yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja petugas PLN.

2. Kapasitas

Kapasitas genset sangat tergantung kepada jumlah beban yang harus disuplai oleh genset. Penggunaan genset dengan beban yang terlalu rendah sangat tidak direkomendasikan oleh genset maker, sehingga genset sebaiknya tidak dijalankan jika bebannya kurang dari 30% dari kapasitasnya. 

3. Jenis Beban

Untuk menentukan besarnya kapasitas generator yang akan dibeli perlu dipertimbangkan jenis beban yang akan disuplai. Beban-beban induktif semacam motor listrik dan beban-beban non linear seperti lampu CFL memerlukan ukuran genset yang lebih besar dari kapasitas yang dihitung berdasarkan VA dikarenakan faktor daya yang rendah.

4. Bahan Bakar

Bahan bakar yang digunakan oleh genset dapat bervariasi baik dengan BBM maupun dengan gas. Untuk keperluan emergency sebaiknya genset yang digunakan adalah yang memiliki storage lokal, sehingga genset dengan BBM lebih baik.

5. Merk

Ada banyak merk genset baik yang lokal maupun merk internasional. Pemilihan merk ini sebaiknya yang sudah dikenal oleh masyarakat. Kami tidak merekomendasikan satu merk, untuk menghindari adanya biased, tapi pilihlah genset yang sudah proven.


https://www.cumminspower.com/www/literature/technicalpapers/PT-7007-SizingGensets-en.pdf
http://offgridsurvival.com/emergencygenerators-selectingtherightgenerator/
Share on Google Plus

About Redaksi

Satu Blog Untuk Energi, Berisi Artikel, Data, Tips, Skema, Gambar, Makalah di Bidang Energi . Artikel yang ditayangkan terdiri dari Teori Dasar, Penemuan, Aplikasi Ilmu, Kebijakan Pemerintah, Layanan Perusahaan Energi, Tips-tips mudah sebagai konsumen, Isu Tekini di bidang Energi, Pengetahuan Praktis, Skema Dasar dan Makalah di bidang Energi seperti Kelistrikan, PLN, dan Sumber energi Primer (Air, Angin, Laut, Panas Bumi, Nuklir, Batubara, Minyak, Gas).

0 comments:

Post a Comment