Prinsip Kerja Lampu Hemat Energi (LHE)


Lampu Hemat Energi atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan nama LHE adalah jenis lampu compact dari Lampu Fluorescent, itulah sebabnya lampu ini juga disebut sebagai Compact Fluorescent Lamp atau CFL.

Lampu CFL (Compact Fluorescent Lamp) mengubah energi listrik menjadi cahaya. Lampu ini sifatnya hemat energi dan menggunakan teknologi yang lebih baik dibandingkan dengan lampu tabung konvensional . Lampu ini memiliki dua komponen:
  1. Sebuah tabung gelas diisi dengan argon dan merkuri uap & dilapisi dengan lapisan bahan fluorescent.
  2. Sebuah sirkuit ballast elektronik 
Rangkaian ballast mengambil masukan 220 V dari sumber daya eksternal dan mengirimkan arus ke dalam tabung fluorescent sebagai output. Ketika power supply diberikan kepada CFL, filamen yang melekat dengan katoda memanas dan memancarkan elektron dalam tabung. Hal ini mengionisasi argon dan uap merkuri partikel.

Bagian Utama Lampu CFL (eetimes.com)


Keuntungan dari lampu hemat energi jenis CFL

- Daya yang lebih rendah dengan Pencahayaan yang baik
- Umur lampu yang panjang (6000-12 000 h)
- Beban pendinginan berkurang ketika mengganti lampu pijar

Kekurangan dari lampu hemat energi jenis CFL
- mahal
- Output cahaya terdepresiasi dengan usia
- Siklus pembakaran singkat memperpendek umur lampu
- Gelombang saat CFL dengan ballast elektronik internal terdistorsi
- Mengandung merkuri

Sumber : 
http://www.engineersgarage.com/insight/how-cfl-compact-fluorescent-lamp-works?page=1
http://www.lightinglab.fi/IEAAnnex45/guidebook/5_lighting%20technologies.pdf

Keuntungan dari lampu hemat energi jenis CFL - Daya yang lebih rendah dengan Pencahayaan yang baik - Umur lampu yang panjang (6000-12 000 h) - Beban pendinginan berkurang ketika mengganti lampu pijar Kekurangan dari lampu hemat energi jenis CFL - mahal - Output cahaya terdepresiasi dengan usia


Share on Google Plus

About Redaksi

Satu Blog Untuk Energi, Berisi Artikel, Data, Tips, Skema, Gambar, Makalah di Bidang Energi . Artikel yang ditayangkan terdiri dari Teori Dasar, Penemuan, Aplikasi Ilmu, Kebijakan Pemerintah, Layanan Perusahaan Energi, Tips-tips mudah sebagai konsumen, Isu Tekini di bidang Energi, Pengetahuan Praktis, Skema Dasar dan Makalah di bidang Energi seperti Kelistrikan, PLN, dan Sumber energi Primer (Air, Angin, Laut, Panas Bumi, Nuklir, Batubara, Minyak, Gas).

0 comments:

Post a Comment