Potensi Energi Maritim



Lautan memiliki energi yang besar dan dekat dengan habitat penduduk sebagai sumber beban. Energi laut memiliki potensi untuk menyediakan sejumlah besar energi baru terbarukan di seluruh dunia. Lautan merupakan sumber utama energi terbarukan. Teknologi yang berbeda menggunakan strategi yang berbeda untuk memanen energi. Sumber utama energi laut adalah:
  •  arus pasang surut (tidal current)
  • arus laut (ocean current)
  •  Rentang pasang surut (naik turunnya) ombak
  •  Energi panas laut
  •  gradien salinitas

Arus pasang surut

Gaya gravitasi menarik bumi, bulan dan matahari sama lain dan objek wisata ini menciptakan arus pasang surut di lautan dunia. Ini arus pasang surut mengandung sejumlah besar energi dan mengubah energi itu menjadi listrik yang berguna menciptakan sumber energi yang benar-benar handal dan diprediksi.


Sebagian besar tempat di lautan biasanya mengalami dua pasang tinggi dan dua pasang surut setiap hari. Waktu dan amplitudo pasang surut di pantai dipengaruhi oleh keselarasan matahari dan bulan, dengan pola pasang surut di laut dalam dan oleh bentuk garis pantai dan dekat pantai batimetri. Aliran air terjadi ketika ada perubahan antara pasang tinggi dan rendah.
Karena pasang dapat diprediksi dan tidak terpengaruh oleh cuaca atau iklim, energi pasang surut akan menjadi bagian dari sistem energi masa depan yang dapat diprediksi. Prediktabilitas ini yang membuat energi pasang surut adalah sumber energi yang sangat berharga.

Peta Potensi Arus Laut Dunia

Arus Samudra

Menurut Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC), mengingat skala arus laut terbuka, ada janji skala proyek yang signifikan ketika teknologi memanfaatkan arus-kecepatan rendah. Misalnya, menangkap hanya 1/1000 dari energi yang tersedia di Florida sekarang akan memasok Florida dengan 35% dari kebutuhan listriknya.
Arus laut yang ada di lautan terbuka dan mengalir terus menerus ke arah yang sama dengan variabilitas yang rendah. Ini berarti energi arus laut merupakan sumber energi non-intermiten benar-benar dapat diandalkan. Arus laut yang diciptakan oleh perbedaan regional dalam suhu dan salinitas dan efek Coriolis akibat rotasi bumi.
Energi diambil dari arus laut memiliki banyak keuntungan. Sebagai contoh:
  •  faktor beban tinggi karena arus yang kontinyu.
  •  Sumber energi yang dapat diprediksi, yang berarti bahwa ketersediaan masa depan energi diketahui.
  •  Kelayakan untuk menyediakan dasar untuk gris.
  • Sumber daya yang berpotensi besar dapat dimanfaatkan dengan dampak lingkungan kecil, sehingga menawarkan salah satu metode dengan kerusakan lingkungan untuk pembangkit listrik skala besar.
Peta Arus Samudra


Sumber : http://minesto.com/ocean-energy/#tidal-currents
Share on Google Plus

About Redaksi

Satu Blog Untuk Energi, Berisi Artikel, Data, Tips, Skema, Gambar, Makalah di Bidang Energi . Artikel yang ditayangkan terdiri dari Teori Dasar, Penemuan, Aplikasi Ilmu, Kebijakan Pemerintah, Layanan Perusahaan Energi, Tips-tips mudah sebagai konsumen, Isu Tekini di bidang Energi, Pengetahuan Praktis, Skema Dasar dan Makalah di bidang Energi seperti Kelistrikan, PLN, dan Sumber energi Primer (Air, Angin, Laut, Panas Bumi, Nuklir, Batubara, Minyak, Gas).

0 comments:

Post a Comment