Keuntungan dan Kerugian Tenaga Panas Bumi


Energi panas bumi menawarkan orang-orang yang hidup di bumi sebuah sumber energi yang terbarukan. Setelah ditemukan, panas bumi adalah solusi revolusioner yang dengan cepat menyebar dari satu ujung planet yang lain. Tetapi tentu kita ingin mengetaui keuntungan dan kerugiannya.

Jadi - "Apa keuntungan dan kerugian dari energi panas bumi? "

Keuntungan Tenaga Panas Bumi

Sebenarnya ada banyak keuntungan tenaga panas bumi. Berikut adalah kelebihan dari tenaga panas bumi:

Pertama dan terpenting, energi panas bumi adalah energi yang terbarukan, yang berarti bahwa selama kita tidak memompa air terlalu banyak energi akan terus ada.

Kedua, energi panas bumi tidak menghasilkan polusi, dan pada saat yang sama, tidak memberikan kontribusi pada efek rumah kaca.

Lokasi pembangkit listrik untuk energi panas bumi tidak memerlukan area yang luas dan karenanya cenderung memiliki dampak yang sedikit terhadap lingkungan sekitar.

Karena energi panas bumi adalah energi yang berasal dari dalam dan dari dirinya sendiri, tidak ada sumber-sumber di luar bahan bakar yang diperlukan untuk menjaga generator berjalan.

sumber : http://epa.gov/climatestudents/solutions/technologies/geothermal.html


Kekurangan Panas Bumi

Meski memiliki banyak manfaat, masih ada beberapa kelemahan energi panas bumi. Kekurangan ini dapat mempengaruhi atau semua tiga tahap produksi - pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi:

Mungkin kelemahan terbesar tenaga panas bumi adalah bahwa Anda tidak memvangun pembangkit listrik panas bumi di mana saja yang Anda inginkan.Anda akan memerlukan lokasi yang tepat mengandung batuan panas. Setelah itu tidak semua batuan ini bisa di bor karena terlalu keras.

Batuan ini juga harus memiliki kedalaman yang memungkinkan untuk di bor.

Ada juga risiko lain untuk dipertimbangkan - kadang-kadang sebuah situs panas bumi memungkinkan yntuk di bor akan tetapi sudah kehabisan tenaga uap. Bisa jadi hal ini terjadi ketika musim kering berlangsung untuk waktu yang lama. 

Kerugian terakhir menyangkut potensi bahaya energi panas bumi. Ketika dilakukan pengoboran kedalam tanah dan yap dapat ditambang bisa jadi ini juga berarti bahwa ada kemungkinan zat-zat lain yang tidak ramah lingkungan bisa juga terikut. Gas dan mineral berbahaya dapat merembes dari bawah tanah dan sangat sulit menemukan cara untuk membuang zat ini dengan aman ke lingkungan sekitar.

Sumber :
http://www.dougrye.com/advantages-disadvantages-geothermal-energy.html

Share on Google Plus

About Redaksi

Satu Blog Untuk Energi, Berisi Artikel, Data, Tips, Skema, Gambar, Makalah di Bidang Energi . Artikel yang ditayangkan terdiri dari Teori Dasar, Penemuan, Aplikasi Ilmu, Kebijakan Pemerintah, Layanan Perusahaan Energi, Tips-tips mudah sebagai konsumen, Isu Tekini di bidang Energi, Pengetahuan Praktis, Skema Dasar dan Makalah di bidang Energi seperti Kelistrikan, PLN, dan Sumber energi Primer (Air, Angin, Laut, Panas Bumi, Nuklir, Batubara, Minyak, Gas).

0 comments:

Post a Comment