Kelebihan MCB dibanding Fuse


Miniature Circuit Breaker (MCB) adalah saklar listrik yang berkerja otomatis yang untuk melindungi peralatan listrik dan manusia dari sengatan listrik dan fault.

Dalam keadaan normal, arus mengalir sesuai dengan nominalnya. Jika terjadi fault pada saluran listrik, arus melebihi limitnya. Hal ini dapat meningkatkan arus listrik dan menyebabkan kerusakan permanen pada peralatan listrik.

Untuk menyelamatkan peralatan dan manusia dari kebakaran dan kerusakan, arus yang besar ini harus diinterupsi secepat mungkin. Dalam keadaan inilah MCB diperlukan. MCB berfungsi untuk mendeteksi arus berlebih dan secara cepat memutuskan rangkaian. Secara kasat mata dapat terlihat bahwa knob dari MCB turun. Sebelumnya, fungsi ini dilaksanakan oleh fuse. Saat sekarang ini, MCB lebih umum digunakan pada tegangan rendah dibandingkan dengan fuse.

Sumber : www.schneider-electric.com

MCB memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Fuse:


1. MCB lebih sensitif terhadap arus dibandingkan dengan fuse. MCB mendeteksi semua arus abnormal dan memutuskan fault.

2. Dengan menggunakan MCB, maka zona fault dari rangkaian listrik dengan mudah dapat diidentifikasi. Rangkaian yang fault berada pada posisi OFF. Dipihak lain, jika menggunakan fuse kabel dari fuse harus dicek dan dibuka untuk mengetahui zona fault.

3. Dengan menggunakan MCB, lebih mudah untuk menyambungkan kembali dengan suplai. Kita hanya cukup menaikkan knob saja pada posisi ON. Akan tetapi jika menggunakan fuse, seluruh fuse harus diganti.

4. MCB menyediakan interface yang lebih baik dengan menggunakan knob MCB. Jika menggunakan fuse maka keseluruhan fuse harus diperhatikan.

5. Handling MC secara kelistrikan lebih mudah dibandingkan fuse.

6. MCB dapa dipakai ulang karenanya perawatannya mudah dan rendah biaya penggantian. Sementara fuse harus diganti setiap kali fault.

Sumber :
https://www.mrright.in/ideas/electrical/6-advantages-of-mcb-over-fuse/
Share on Google Plus

About Redaksi

Satu Blog Untuk Energi, Berisi Artikel, Data, Tips, Skema, Gambar, Makalah di Bidang Energi . Artikel yang ditayangkan terdiri dari Teori Dasar, Penemuan, Aplikasi Ilmu, Kebijakan Pemerintah, Layanan Perusahaan Energi, Tips-tips mudah sebagai konsumen, Isu Tekini di bidang Energi, Pengetahuan Praktis, Skema Dasar dan Makalah di bidang Energi seperti Kelistrikan, PLN, dan Sumber energi Primer (Air, Angin, Laut, Panas Bumi, Nuklir, Batubara, Minyak, Gas).

0 comments:

Post a Comment