Kelebihan dan Kekurangan Biofuel



Biofuel merujuk pada berbagai bahan bakar yang dalam beberapa cara yang berasal dari biomassa, bahan organik. Bahan bakar ini mendapatkan pehatian dari publik yang cukup intens karena kenaikan harga gas dan minyak. Biofuel yang paling luas diusahakan dalah yang berbasis jagung atau gula etanol. Hal ini dibuat melalui fermentasi produk tanaman. Biodiesel adalah bentuk lain dari biofuel yang terbuat dari minyak nabati, lemak hewan, atau gemuk daur ulang. Hal ini dihasilkan dari minyak atau lemak melalui proses yang disebut transesterifikasi. Badan Energi International memprediksi bahwa biofuel memiliki potensi untuk memenuhi lebih dari seperempat dari permintaan dunia untuk transportasi.

Sumber : https://truetechsol.com/biofuel-recycling-transport/

Keuntungan Biofuel

Biofuel merupakan sumber energi terbarukan, dikarenakan bahan bakar ini diciptakan dari tanaman yang dapat tumbuh kembali setiap tahun. Biofuel juga tidak memerlukan banyak perubahan (jika ada) di mobil dan tempat-tempat lain untuk dimanfaatkan. Beberapa pihak menganggap penggunaan biofuel sebagai karbon netral karena karbon yang dihasilkan saat membakar mereka diimbangi oleh karbon dikonsumsi oleh tanaman dimana mereka berasal. Biofuel dapat membantu mengurangi ketergantungan pada minyak asing, yang berfluktuasi dalam harga dengan cepat. Biofuel dapat membantu sebagai buffer terhadap perubahan harga minyak dunia.

Kekurangan Biofuel

Sementara sebagian orang menganggap penggunaan "karbon netral," namun mesin-mesin yang dugunakan untuk pertanian tanaman untuk biofuel membuat emisi karbon, mesin ini juga biasanya tidak didukung oleh biofuel. Penelitian menunjukkan meskipun fakta ini, bahwa biofuel membantu mengurangi emisi karbon sebesar 50-60%.

Salah pendapat utama pihak yang kontra biofuel adalah bahwadengan  menyisihkan lahan untuk tanaman biofuel berarti berkurangnya lahan untuk produksi pangan. Beberapa negara asing telah mengatakan bahwa itu tidak etis untuk menggunakan tanaman untuk biofuel saat kelaparan global adalah masalah yang masih ada.

Sumber :
http://www.tc.umn.edu/~dama0023/biofuels.html
Share on Google Plus

About Redaksi

Satu Blog Untuk Energi, Berisi Artikel, Data, Tips, Skema, Gambar, Makalah di Bidang Energi . Artikel yang ditayangkan terdiri dari Teori Dasar, Penemuan, Aplikasi Ilmu, Kebijakan Pemerintah, Layanan Perusahaan Energi, Tips-tips mudah sebagai konsumen, Isu Tekini di bidang Energi, Pengetahuan Praktis, Skema Dasar dan Makalah di bidang Energi seperti Kelistrikan, PLN, dan Sumber energi Primer (Air, Angin, Laut, Panas Bumi, Nuklir, Batubara, Minyak, Gas).

0 comments:

Post a Comment