Jenis Turbin Energi Arus Laut (Tidal Device)


Energi pasang surut memanfaatkan pasang surut alamiah dan aliran air pasang surut pesisir yang disebabkan terutama oleh interaksi dari medan gravitasi bumi, bulan dan matahari. Arus laut yang cepat sering diperbesar oleh fitur topografi, seperti tanjung, inlet dan selat, atau bentuk dasar laut ketika air dipaksa melalui saluran sempit. Divais yang digunakan untuk pasang surut, yang memanfaatkan arus tersebut, secara umum mirip dengan turbin angin yang terendam dan digunakan untuk mengeksploitasi energi kinetik dalam arus pasang surut. Karena densitas yang lebih tinggi dari air, ini berarti bahwa sudu-sudu bisa lebih kecil dan berputar lebih lambat, tetapi masih menghasilkan sejumlah besar daya. Untuk meningkatkan aliran dan output daya dari turbin, konsentrator (atau kafan) dapat digunakan sekitar sudu untuk merampingkan danmengkonsentrasikan aliran terhadap rotor. Kami telah mengidentifikasi enam jenis utama Tidal Energi Konvertor (TEC):


A) TURBIN SUMBU HORISONTAL



Turbin sumbu horisontal mengekstrak energi dari air yang bergerak dalam banyak cara yang sama seperti turbin angin mengekstrak energi dari udara yang bergerak. Aliran pasang surut menyebabkan rotor berputar di sekitar sumbu horisontal dan menghasilkan tenaga.


B) TURBIN SUMBU VERTIKAL


Turbin sumbu vertikal mengekstrak energi dari gelombang dengan cara yang sama dengan yang di atas, namun turbin dipasang pada sumbu vertikal. Aliran pasang surut menyebabkan rotor berputar di sekitar sumbu vertikal dan menghasilkan tenaga.


C) OSCILLATING HYDROFOIL



Sebuah hydrofoil terpasang pada lengan berosilasi. Arus pasang surut mengalir pada kedua sisi hasil sayap menghasilkan gaya angkat. Gerakan ini kemudian mendorong cairan dalam sistem hidrolik yang akan dikonversi menjadi listrik. 
E) ARCHIMEDES SCREW

The Archimedes Screw adalah pembuka botol berbentuk perangkat heliks (permukaan heliks sekitar poros silinder pusat). Perangkat tersebut menarik daya dari aliran pasang surut air bergerak naik / melalui spiral memutar turbin.


Seabed Mounted - Archimedes Screw



F) LAYANG-LAYANG PASANG SURUT

Sebuah layang-layang pasang surut ditambatkan ke dasar laut dan membawa turbin bawah sayap. Layang-layang 'terbang' di arus pasang surut, menukik membentuk angka delapan untuk meningkatkan kecepatan air yang mengalir melalui turbin.



Tidal Kite


Sumber : http://www.emec.org.uk/marine-energy/tidal-devices/
Share on Google Plus

About Redaksi

Satu Blog Untuk Energi, Berisi Artikel, Data, Tips, Skema, Gambar, Makalah di Bidang Energi . Artikel yang ditayangkan terdiri dari Teori Dasar, Penemuan, Aplikasi Ilmu, Kebijakan Pemerintah, Layanan Perusahaan Energi, Tips-tips mudah sebagai konsumen, Isu Tekini di bidang Energi, Pengetahuan Praktis, Skema Dasar dan Makalah di bidang Energi seperti Kelistrikan, PLN, dan Sumber energi Primer (Air, Angin, Laut, Panas Bumi, Nuklir, Batubara, Minyak, Gas).

0 comments:

Post a Comment