Bagaimana PLTU Bekerja

Prinsip dasar dari PLTU adalah merubah air menjadi uap, yang pada gilirannya mendorong generator turbin untuk menghasilkan listrik. Berikut adalah cara proses bekerja.


1. Panas di buat
Sebelum batubara dibakar, ditumbuk sampai sehalus bedak. Hal ini kemudian dicampur dengan udara panas dan tertiup ke dalam tungku boiler. Pembakaran di suspensi, campuran / udara batubara menyediakan pembakaran paling lengkap dan panas maksimum yang optimal.

2. Air berubah menjadi uap
Air yang sangat murni, dipompa melalui pipa di dalam boiler, berubah menjadi uap oleh panas. Uap mencapai suhu hingga 530 derajat celcius dan tekanan hingga 3.500 pon per inci persegi, dan disalurkan ke turbin.

Prinsip dasar dari PLTU adalah merubah air menjadi uap, yang pada gilirannya mendorong generator turbin untuk menghasilkan listrik. Berikut adalah cara proses bekerja.

1. Panas dibuat
Sebelum batubara dibakar, itu ditumbuk sampai kehalusan bedak. Hal ini kemudian dicampur dengan udara panas dan tertiup ke dalam tungku boiler. Pembakaran di suspensi, campuran / udara batubara menyediakan pembakaran paling lengkap dan panas maksimum yang mungkin.

2. Air berubah menjadi uap
Air sangat murni, dipompa melalui pipa di dalam boiler, berubah menjadi uap oleh panas. Uap mencapai suhu hingga 1.000 derajat Fahrenheit dan tekanan hingga 3.500 pon per inci persegi, dan disalurkan ke turbin.

3. Uap memutar turbin
Tekanan besar uap mendorong terhadap serangkaian pisau turbin raksasa yang memutar poros turbin. Poros turbin dihubungkan ke poros generator, di mana magnet berputar dalam kawat kumparan untuk menghasilkan listrik.

4. Uap berubah kembali menjadi air
Setelah melakukan pekerjaan di turbin, uap ditarik ke kondensor, ruang besar di ruang bawah tanah pembangkit listrik. Dalam langkah penting ini, jutaan galon air dingin dari sumber terdekat (seperti sungai atau danau) dipompa melalui jaringan tabung berjalan melalui kondensor. Air dingin di tabung mengubah uap kembali ke air yang dapat digunakan berulang-ulang di pabrik.

Air pendingin dikembalikan ke sumbernya tanpa kontaminasi, dan uap air dikembalikan ke boiler untuk mengulangi siklus.



Share on Google Plus

About Redaksi

Satu Blog Untuk Energi, Berisi Artikel, Data, Tips, Skema, Gambar, Makalah di Bidang Energi . Artikel yang ditayangkan terdiri dari Teori Dasar, Penemuan, Aplikasi Ilmu, Kebijakan Pemerintah, Layanan Perusahaan Energi, Tips-tips mudah sebagai konsumen, Isu Tekini di bidang Energi, Pengetahuan Praktis, Skema Dasar dan Makalah di bidang Energi seperti Kelistrikan, PLN, dan Sumber energi Primer (Air, Angin, Laut, Panas Bumi, Nuklir, Batubara, Minyak, Gas).

0 comments:

Post a Comment