Arus Bolak Balik | Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya


Arus Bolak Balik atau Arus AC mudah untuk di bangkitkan dan digunakan, dan memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan ARUS SEARAH atau ARUS DC. Di artikel ini kita akan mendiskusikan defenisi, keuntungan dan kekurangan Arus AC.


Perang Arus DC vs Arus AC

Thomas Alfa Edison adalah seorang penemu dan pemegang hak paten banyak temuan. Edison juga adalah seorang pemenang. Tapi ada satu bidang dimana Edison kalah, bahkan kalah dengan cara yang buruk. Kekalahan adalah pada "perang" yang disebut Perang Arus atau The War of Currents. Edison adalah pendukung utama penggunaan arus DC untuk listrik di Amerika sedangkan lawannya adalah sang jeniu Nikola Tesla yang bekerjasama dengan George Westinghouse.

Pada tahun 1880an, arus DC sama baiknya dengan AC untuk penggunaan lampu pijar. Namun, perdebatan kemudian muncul ketika dicari jenis arus yang lebih bagus untuk pembangkitan, ditransmisikan dan penggunaan motor listrik.


Perang memuncak pada tahun 1983, ketika kontrak untuk menyediakan listrik bagi Pameran Dunia Chicago  diberikan kepada Westinghouse, yang menggunakan arus AC, lebih murah 30% daripada edison. Pada tahun yang sama  Niagara Falls Power Company memutuskan untuk menggunakan arus bolak balik untuk pembangkitannya yang kontraknya juga dilakukan oleh westinghouse dan Tesla. Perubahan besar itu menjadikan arus bolak balik menjadi penguasa sistem kelistrikan dunia. Mari kita lihat keunggulan dari AC terhadap DC


Definisi Arus Bolak Balik (AC)

Arus bolak-balik hanya pergerakan muatan listrik melalui media yang mengubah berubah arah secara berkala. Hal ini berbeda dengan arus searah (DC), di mana pergerakan muatan hanya dalam satu arah dan konstan. Arus (dalam ampere) adalah jumlah muatan listrik yang mengalir melewati suatu titik dalam waktu tertentu. Yang menggerakkan arus adalah gaya gerak listrik disebut tegangan (dalam volt). Jika arusnya bolak balik, maka tegangan juga harus bolak balik, polaritasnya berubah pada siklus teratur. Jadi pengertian arus bolak balik adalah adalah arus yang polaritasnya berubah pada siklus yang teratur.

Berikut adalah typical tegangan sinusoidal  bolak balik:

Source : http://guitarwtf.com/tag/alternating-current/


Keuntungan Arus Bolak balik

Keunggulan utama dari arus bolak balik adalah dalam hal transmisi listrik. Sejak awal, Tesla dan westinghouse menyadari bahwa agar tenaga listrik menjadi praktis maka harus dapat ditransmisikan secara efisien dalam jarak yang jauh. Jaman itu, PLTA adalah pembangkit yang paling populer, sementara sumber air berada pada daerah yang sangat jauh dari pusat beban yang memerlukan jalur transmisi yang panjang. Baik arus AC maupun DC sama-sama memiliki tahanan yang menyebabkan daya hilang atau losses dalam proses penghantaran.


Jika dayanya sama, maka semakin tinggi arus maka akan semakin rendah arus yang lewat, semakin rendah arus yang lewat maka akan semakin rendah rugi-rugi daya yang hilang di penghantar. Para engineer awal ini menyadari bahwa untuk dapat menghantarkan daya secara efisien dalam jarak yang jauh maka tegangan harus dinaikkan setinggi mungkin.  Saat ini sudah banyak jalur transmisi yang memiliki tegangan 500 kV atau setara 500.000 Volt. Menaikkan tegangan sebelum dikirim melalui jalur transmisi dapat dilakukan dengan menggunakan trafo (transformer). Dengan trafo, sangat mudah menaikkan dan menurunkan tegangan. Sistem DC tidak mampu melakukan ini, dan itulajh keunggulan utama dari arus bolak balik.

Keuntungan berikut dari arus bolak balik adalah pembangkitannya. Salah satu penemuan paling penting dari akhir 1800-an adalah generator AC, yang merupakan desain yang sederhana yang dibuat praktis oleh Westinghouse. Mekanikal; sistem dari generator DC  jauh lebih rumit, dan kebanyakan DC saat ini dihasilkan oleh baterai, sel surya, sel bahan bakar, atau dengan mengkonversi AC ke DC.

Arus AC juga unggul dalam konsumsi daya. Mesin DC memerlukan sikat dan komutator untuk bekerja, sehingga menjadikannya kompleks dan sulit untuk pemeliharaan. Tesla mematenkan motor induksi AC praktis yang pertama. Kemudian general electric memproduksinya secara massal. Dalam waktu cepat mesin ini telah terpasang di pabrik, tambang dan pertokoan. Sekarang ini motor AC sudah digunakan di rumah tangga untuk pompa air dan pendingin.

Kelebihan lain dari arus bolak balik adalah penggunaannya untuk jenis-jenis lampu modern seperti lampu neon atau lampu CFL.

Sumber :

http://study.com/academy/lesson/alternating-current-definition-advantages-disadvantages.html

Baca Juga :




Share on Google Plus

About Redaksi

Satu Blog Untuk Energi, Berisi Artikel, Data, Tips, Skema, Gambar, Makalah di Bidang Energi . Artikel yang ditayangkan terdiri dari Teori Dasar, Penemuan, Aplikasi Ilmu, Kebijakan Pemerintah, Layanan Perusahaan Energi, Tips-tips mudah sebagai konsumen, Isu Tekini di bidang Energi, Pengetahuan Praktis, Skema Dasar dan Makalah di bidang Energi seperti Kelistrikan, PLN, dan Sumber energi Primer (Air, Angin, Laut, Panas Bumi, Nuklir, Batubara, Minyak, Gas).

0 comments:

Post a Comment