Apa dan Bagaimana Isi di Dalam USB Flash Disk?


USB Flash drisk terlihat kecil dan kompak. Namun ia mampu menyimpan jumlah yang sangat besar informasi. Video di bawah ini menunjukkan tiga komponen dasar dari sebuah flash drive:
  1. Papan (board) menjadi tempat semua komponen internal dan termasuk konektor USB. Flash drive menggunakan papan tersebut sebagai sarana mentransfer daya dan data dari dan ke USB. 
  2. NAND Flash Memory Chip adalah adalah tempat di mana semua file kita disimpan. 
  3. Chip controller adalah 'otak' dari USB Flash Disk. Mengambil informasi dari drive dan Membaca / informasi rekaman pada NAND Flash Memory Chip penyimpanan.


Setelah familiar dengan komponen dasarnay, kini kita bisa melihat bagian utama dari USB Flash Disk. Terdapat delapan komponen utama dari USB Flash Disk yaitu:
Isi Dalam USB Flash Disk (wikipedia)
  1. Konektor USB: USB (Universal Serial Bus) bertindak sebagai antarmuka antara chip memori flash NAND dan komputer flash drive dicolokkan
  2. Pengontrol penyimpanan massal USB (atau chip controller).
  3. Titik uji: Ini adalah pin listrik yang hanya berfungsi sebagai titik kontak listrik. Mereka terutama digunakan untuk merangsang elektrik dan melaksanakan flash drive selama proses perakitan melayani sebagai cara untuk mengidentifikasi cacat di papan tulis. Anggap saja sebagai cara yang efektif dari Quality Control.
  4. NAND flash memory chip
  5. Crystal Oscillator: Ini adalah bagian dari kristal kuarsa yang dirancang untuk bergetar pada frekuensi yang sangat khusus. Hal ini digunakan sebagai "jam" digital 
  6. Lampu indikator LED: Digunakan untuk menunjukkan jika flash drive bekerja dan berfungsi
  7. Switch proteksi tulis: Sebuah komponen opsional yang digunakan untuk mengamankan informasi yang tersimpan pada flash drive.
  8. Ruang untuk menempatkan sebuah chip memori flash NAND kedua: Sebuah slot tambahan untuk produsen untuk menempatkan memori chip lain yang dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan
Sumber:
- Cressler, J.D. Silicon Earth: Introduction to the Microelectronics and Nanotechnology Revolution. USA: Cambridge University Press, 2009. Print. pp. 153-154)
- https://howflashdriveworks.wordpress.com/what-is-a-flash-drive/
- http://en.wikipedia.org/wiki/USB_flash_drive
Share on Google Plus

About Redaksi

Satu Blog Untuk Energi, Berisi Artikel, Data, Tips, Skema, Gambar, Makalah di Bidang Energi . Artikel yang ditayangkan terdiri dari Teori Dasar, Penemuan, Aplikasi Ilmu, Kebijakan Pemerintah, Layanan Perusahaan Energi, Tips-tips mudah sebagai konsumen, Isu Tekini di bidang Energi, Pengetahuan Praktis, Skema Dasar dan Makalah di bidang Energi seperti Kelistrikan, PLN, dan Sumber energi Primer (Air, Angin, Laut, Panas Bumi, Nuklir, Batubara, Minyak, Gas).

0 comments:

Post a Comment