Apa, Bagaimana, Kapan, Proyek Listrik Perdesaan PLN dalam 20 tahun kedepan

Pembangunan listrik perdesaan merupakan program Pemerintah untuk melistriki masyarakat perdesaan yang pendanaannya diperoleh dari APBN, dan diutamakan pada provinsi dengan rasio elektrifikasi yang masih rendah.



Listrik Perdesaan (bengkulu ekspress)

Saat ini sebagian pembangunan listrik pedesaan juga dilakukan oleh Pemda melalui pendaan APBD dimana pembangunannya berupa jaringan distribusi berikut pemasangan dan penyambungan listrik gratis bagi masyarakat tidak mampu. Hal ini dilakukan dengan berkoordinasi dengan PLN.

Pengembangan listrik perdesaan telah mempertimbangkan hasil roadmap lisdes 2013 - 2017 provinsi dan membantu meningkatkan rasio elektrifikasi. Kebijakan yang diambil oleh Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (DJK) dan PLN dalam pembangunan listrik desa adalah untuk menunjang pencapaian rasio elektrifikasi menjadi 80% di tahun 2014 dan 99,4% di tahun 2024 dengan melakukan hal hal sebagai berikut: 

  • Pembangunan jalur keluar jaringan distribusi untuk mendukung evakuasi daya dari proyek GI Baru atau Extension Trafo GI. 
  • Pembangunan  jalur keluar jaringan distribusi untuk mendukung evakuasi daya dari pembangkit skala kecil baik EBT maupun pembangkit lainnya dan pembangkit mikro/mini tenaga air. 
  • Melistriki desa baru maupun desa lama yang sebagian dari dusun tersebut belum berlistrik,  daerah terpencil dan daerah perbatasan. 
  • Dimungkinkan pengadaan hybrid PLTS dan hybrid PLTB yang sistemnya terhubung dengan grid PLN.  
  • Melaksanakan program penyambungan listrik dan instalasi gratis bagi masyarakat yang tidak mampu dan daerah tertinggal.

Sumber : RUPTL PLN 2015-2024

Share on Google Plus

About Redaksi

Satu Blog Untuk Energi, Berisi Artikel, Data, Tips, Skema, Gambar, Makalah di Bidang Energi . Artikel yang ditayangkan terdiri dari Teori Dasar, Penemuan, Aplikasi Ilmu, Kebijakan Pemerintah, Layanan Perusahaan Energi, Tips-tips mudah sebagai konsumen, Isu Tekini di bidang Energi, Pengetahuan Praktis, Skema Dasar dan Makalah di bidang Energi seperti Kelistrikan, PLN, dan Sumber energi Primer (Air, Angin, Laut, Panas Bumi, Nuklir, Batubara, Minyak, Gas).

1 comments:

  1. Saya tertarik dan senang dengan artikel Anda.
    Saya juga punya artikel yang menarik dan anda bisa akses di Lembaga Pengembangan

    ReplyDelete