10 Cara Menghemat Tagihan Rekening Listrik


Dengan semakin tingginya tarif tenaga listrik yang dijual oleh PLN, maka dibutuhkan langkah-langkah bijak untuk mengurangi tagihan rekening listrik agar tidak membebani kebutuhan sehari-sehari. Dalam usaha menghemat dan mengurangi rekening tagihan listrik ini, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan.

1. Gunakanlah lampu hemat energi

Lampu berguna untuk menjadi penyedia cahaya dalam keadaan gelap, kemampuan lampu dalam memancarkan cahaya tidak selalu tergantung pada besarnya daya yang dipakai lampu tersebut. Lampu pijar yang konvensional dengan daya 100Watt bisa sama terangnya dengan lampu hemat energi jenis CFL yang berdaya 15 Watt, dan lampu hemat energi jenis LED bisa lebih hemat lagi. Disamping itu, lampu hemat energi ini bisa tahan jauh lebih lama dibandingkan dengan lampu pijar, meskipun hal ini bisa berimbas pada

2. Jika menggunakan pendingin ruangan (AC) setting pada suhu 25 derajat

AC merupakan salah satu beban rumah tangga yang paling banyak menarik daya, kapasitasnya bisa 370 Watt untuk satu AC. Jika penggunaan AC dapat dikurangi maka pembayaran listrik bulanan dapat di kurangi.

3. Gunakan penerangan alami

Untuk penerangan diusahakan untuk menggunakan penerangan dari lampu sesedikit mungkin khususnya pada siang hari. Konstruksi bangunan dengan jendela yang lebar dan terbuka dapat mengurangi penggunaan energi listrik yang tentunya bisa mengurangi tagihan listrik

4. Gunakan tandon air

Mesin pompa air juga salah satu beban yang besar, penggunaannya dapat menarik arus yang besar khsusunya pada saat starting. Untuk menghindari agar mesin air tidak selalu harus bekerja pada saat penggunaan air, maka diusahakan agar memiliki tandon air yang bisa menampung air minimal 500 liter untuk satu rumah. Tandon air ini akan mengurangi penggunaan mesin pompa air dan bisa menghemat listrik.



5. Gunakan Peralatan Electronic yang bersertifikat Energy Star

Peralatan elektronik dengan logo Energy Star dapat menghemat hingga 30% penggunaan listrik

6. Gunakanlah Laptop dibanding Desktop

Energi yang digunakan oleh laptop jauh lebih rendah dibandingkan dengan penggunaan PC

7. Cabutlah Baterai Charger Setelah selesai

Banyak Charger yang masih menarik daya jika tidak dicabut setelah digunakan

8. Matikan TV jika tidak menonton

Banyak orang atau keluarga yang membiarkan TV menyala meskipun tidak ada yang menonton. Matikanlah TV sebelum tidur dan jangan tertidur bersama TV yang sedang menyala.

9. Gunakan Mesin Cuci dalam Keadaan Beban Penuh

Mencucilah sekaligus dan jangan menggunakan mesin cuci untuk cucian yang sedikit-sedikit

10. Bersihkan atau Ganti Filter AC anda secara berkala

AC yang kotor dapat menyebabkan suhu keluaran dari AC tidak optimal yang berujung kepada setting suhu AC yang lebih rendah dari biasanya. Hal ini menyebabkan penggunaan listrik juga meningkat.

Demikianlah 10 Cara mengurangi dan menghemat tagihan rekening listrik versi SatuEnergi.com. Kami tidak menyarankan anda untuk mengurangi tagihan listrik dengan cara mengakali atau mencuri listrik dari PLN.


Share on Google Plus

About Redaksi

Satu Blog Untuk Energi, Berisi Artikel, Data, Tips, Skema, Gambar, Makalah di Bidang Energi . Artikel yang ditayangkan terdiri dari Teori Dasar, Penemuan, Aplikasi Ilmu, Kebijakan Pemerintah, Layanan Perusahaan Energi, Tips-tips mudah sebagai konsumen, Isu Tekini di bidang Energi, Pengetahuan Praktis, Skema Dasar dan Makalah di bidang Energi seperti Kelistrikan, PLN, dan Sumber energi Primer (Air, Angin, Laut, Panas Bumi, Nuklir, Batubara, Minyak, Gas).

0 comments:

Post a Comment